Bertemu lagi, Bakamla dan Turkish Coast Guard Kuatkan Komitmen Kerjasama

October 26, 2022
ISTANBUL, govnews-idn.com – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia untuk kali kedua bertemu dengan RADM Ahmet Kendir, Commandant of Turkish Coast Guard (TCG) di ruang pertemuan khusus Pameran Akbar SAHA Expo di Istanbul Turki, Rabu (26/10/2022).
 
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menegaskan kembali komitmen Bakamla untuk menguatkan kerjasama dengan TCG. “Pertemuan kali kedua ini setelah pertemuan pertama pada tahun 2021 lalu, merupakan wujud nyata komitmen saya untuk membina hubungan ektra regional”, kata Lakdya TNI Dr. Aan Kurnia.
 
“Indonesia dan Turki memiliki situasi maritim yang identik, karena sama-sama memiliki choke point strategis dunia. Yaitu Selat Bosphorus dan Selat Malaka. Kerjasama dalam bentuk pertukaran informasi, berbagi pengetahuan dan pengalaman, tentu akan meningkatkan kapasitas kedua lembaga berwenang di laut,” pungkas Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.
 
Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dan RADM Ahmet Kendir bersama stafnya
 
Melanjutkan pembicaraan, RADM Ahmet Kendir mengamini apa yang disampaikan Kepala Bakamla RI dan menyampaikan bahwa TCG akan bekerja serius menyiapkan rencana-rencana kerjasama ke depan. Tahun depan TCG akan menjadi penyelenggara HACGAM 2023 di Istanbul. Bakamla dipastikan menjadi perwakilan tunggal dari Indonesia pada perhelatan itu. “Pada HACGAM 2023 kita akan melaksanakan Working Group Exercise tentang Hukum Laut,” jelas RADM Ahmet Kendir.
 
Selain peningkatan kapasitas melalui pertukaran perwira antar kedua lembaga, dilakukan juga penguatan komitmen pertukaran informasi. Bakamla memiliki IMIC dan menawarkan kepada TCG untuk memberikan dukungan informasi terkait kapal-kapal berbendera turki yang melintasi perairan dan yurisdiksi Indonesia. Tawaran ini mendapat sambutan sangat baik dari RADM Ahmet Kendir. Dia mengapresiasi dan menyatakan hal ini akan sangat membantu tugas-tugas TCG.
 
Pertemuan kedua kepala lembaga ini dilaksanakan saat kunjungan ke SAHA Expo 2022 di Istanbul, Turki yang berlangsung dari 25-28 Oktober 2022. SAHA Expo adalah pameran alat dan sistem pertahanan yang diselenggarakan oleh SAHA Istanbul Defence, Aviation and Space Association, satu asosiasi terbesar di Turki dan Uni Eropa. Kesempatan ini sangat penting bagi Bakamla untuk melihat kebutuhan-kebutuhan potensial sarana prasarana penegakan hukumnya di masa mendatang.
 
BAKAMLA – ENDA SURANTA
 
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia memperhatikan alat dan sistem pertahanan saat berkunjung ke SAHA Expo 2022 di Istanbul, Turki. Foto: Bakamla

RELATED POSTS