Irjen Karyoto Turunkan Propam Polda Metro Jaya Tindaklanjuti Pungli di Samsat Kota Bekasi

September 12, 2024
sugengts9

JAKARTA, govnews-idn.com – Gerak cepat Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto menurunkan Propam Polda untuk menindaklanjuti pungutan liar (pungli) di Samsat Kota Bekasi, menjadi viral patut diapresiasi. Bahkan Propam Polda Metro melindungi pelapor dari oknum Polisi yang melakukan pungli.

Hal itu terjadi setelah warga Bekasi, Tian, 27, melalui medsosnya, akun tiktok @ichrist_tiani mengaku mengalami pungutan liar saat mengurus balik nama dan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat Bekasi Kota pada Selasa, 3 September 2024.

Ketika Tian akan mengurus Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kendaraannya, seorang petugas Polisi justru meminta Tian membayar Rp550.000 agar urusannya cepat selesai. Padahal normalnya untuk mengurus BPKB itu hanya Rp225.000. Tapi, Tian menolaknya dan sang petugas terus menawarkan bantuannya sehingga Tian harus berteriak.

Akibatnya, ada Polisi lain yang mendatanginya. Ujung-ujungnya Tian justru di interograsi di ruang pengaduan.

Demikian juga, sehari setelah kejadian itu tayang di medsosnya, rumahnya didatangi Polisi setelah ponselnya dihubungi orang yang mengaku dari Polda Metro Jaya. Ternyata, anggota Polisi itu sudah ada di depan rumah Tian, tanpa membawa surat perintah resmi dan hanya meminta Tian menghapus konten pungli di tiktoknya.

Kepada kompas.com, Senin (9 September 2024) Tian menceritakan bahwa dirinya dipanggil Propam Polda Metro Jaya pada hari Kamis (5 September 2024). Pihak Propam menjamin Tian dan keluarganya akan aman dari oknum-oknum polisi yang sempat mendatangi rumahnya dan peristiwa dugaan pungli itu masih ditangani Propam Polda Metro Jaya.

Irjen Karyoto

Adanya pungutan liar oleh anggota Polda Metro Jaya telah menjadi atensi dari Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. Hal ini dilakukannya saat menggelar apel Operasi Patuh Jaya 2024 di Mapolda Metro Jaya pada hari Senin (15 Juli 2024).

“Anggota yang pungli jelas akan kami tindak. Pungli merupakan bentuk pelanggaran kode etik,” jelasnya.

Oleh karena itu, IPW sangat mendukung warga yang memberikan laporan adanya pungli yang dilakukan anggota dan juga mendorong Kapolda Metro Jaya terus memberantas pungli dalam layanan Samsat dan layanan Polri.

Sebab, dengan begitu maka Polri akan dicintai masyarakatnya dan citra Polri terus meningkat sesuai amanat konstitusi yaitu “melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat”.

Salam

Sugeng Teguh santoso
Ketua IPW
082221344458

Sugeng Teguh Santoso

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

RELATED POSTS