Wapres Minta Percepat Kebangkitan Industri Pariwisata ASEAN

February 3, 2023

YOGYAKARTA, govnews-ina.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri acara pembukaan ASEAN Tourism Forum 2023 di Pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, Jumat malam, (3/2/2023).

Pada kesempatan tersebut, Wapres menuturkan bahwa Pariwisata merupakan salah satu sektor yang krusial untuk memulihkan ekonomi, membuka lapangan kerja bagi masyarakat, serta menjadikan masyarakat tangguh dan berdaya. Oleh karena itu, dia berharap, forum ini dapat menjadi satu sarana untuk menghasilkan langkah konkret memajukan sektor pariwisata.

“Saya sangat berharap, ASEAN Tourism Forum 2023 bisa melahirkan aksi nyata. Ditandai adanya kerjasama antar pemimpin sektor pariwisata di kawasan ASEAN, untuk mempercepat kebangkitan industri pariwisata dan perjalanan di ASEAN, serta merealisasikan Travel Exchange 2023,” tegas Wapres.

Dia juga meminta agar penyelenggaraan acara-acara berskala internasional di negara ASEAN perlu terus diperbanyak karena keberhasilan penyelenggaraan event internasional adalah salah satu bukti kesiapan negara ASEAN untuk kembali menjadi magnet bagi wisatawan dunia. Serta menunjukkan bahwa ASEAN mampu terus beradaptasi dan berkompetisi, menuju pariwisata yang lebih berkualitas di masa depan.

“Kawasan Yang Stabil”

“Kita menaruh harapan besar, sektor pariwisata akan mengokohkan kawasan ASEAN sebagai kawasan yang stabil, damai, bermartabat, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta mampu menjadi penyokong stabilitas perekonomian dunia,” imbuh Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres mengajak seluruh peserta dan para pemangku kepentingan yang hadir untuk bersama-sama membangun pariwisata yang berkelanjutan dan inklusif, melibatkan usaha mikro dan kecil, kaum perempuan dan generasi muda.

“Inilah saatnya untuk meningkatkan daya saing sektor pariwisata kita melalui berbagai inovasi dan kreativitas, serta transformasi ke arah digital. Semoga sektor pariwisata semakin produktif dan mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi kawasan,” pungkas Wapres.

FIA

“Semoga sektor pariwisata semakin produktif dan mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi kawasan,” pungkas Wapres. Foto: Setwapres

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS