Presiden: Masyarakat Indonesia Ingin Kontingen Meraih Prestasi Setinggi-Tingginya

May 9, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi melepas Tim Indonesia untuk SEA Games 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/5/2022). Dalam pesannya, Jokowi meminta peningkatan prestasi di SEA Games edisi ke-31 ini.
 
“Hari ini kita melepas kontingen SEA Games ke-31 Vietnam. Saya ingin kontingen yang sekarang, yang tadi disampaikan Menpora (Zainudin Amali) lebih ramping, tapi kami semua, masyarakat Indonesia menginginkan kontingen ini meraih prestasi setinggi-tingginya, meraih medali sebanyak-banyaknya, untuk mengharumkan negara kita, bangsa kita Indonesia,” kata Presiden.
 
Presiden kemudian menyinggung capaian prestasi Kontingen Indonesia sejak SEA Games 2015 di Singapura sampai SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina. Presiden menginginkan adanya perbaikan peringkat Indonesia di pesta olahraga  dua tahunan terakbar negara-negara Asia Tenggara tersebut.
 
“Saya ingat di SEA Games sebelumnya di Singapura pada 2015 kita di peringkat 5, kemudian di Malaysia (2017) juga masih di peringkat 5 dan di 2019 di Filipina kita masuk ke peringkat 4. Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking ketiga, kedua, atau kesatu,” tutur Presiden.
 
Presiden mengatakan, target tersebut memang tidak mudah. Namun bukan berarti mustahil diwujudkan.”Saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu bisa menetas,” ucap Presiden Jokowi.
 
Upacara pelepasan kontingen SEA Games 2022
 
Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry Kono berharap atlet-atlet Indonesia termotivasi dengan pesan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo pada pelepasan Kontingen Indonesia di Istana Negara.
 
“Kami berharap ini bisa menjadi motivasi buat atlet kita, khususnya yang baru akan berangkat mengingat beberapa atlet lainnya sudah mulai bertanding. Semoga semangat baru ini khususnya yang tadi diberikan Bapak Presiden bisa menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi sehingga atlet kita bisa berjuang lebih maksimal di SEA Games,” ujar Ferry.
 
Acara pelepasan ini juga dihadiri Menpora Zainudin Amali, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, Komite Eksekutif Rafiq Hakim Radinal, Bendahara Tommy Hermawan Lo, Ketua KONI Pusat Marciano Norman dan beberapa ketua federasi olahraga nasional.
 
Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Ferry Kono untuk SEA Games Vietnam berkuatan 499 atlet yang akan berpartisipasi di 32 cabang olahra. Tim Indonesia ini juga mendapat dukungan dari official patners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media patner Merah Putih Media.
 
Sebelumnya dilepas Presiden, Kontingen Indonesia untuk SEA Games terlebih dahulu dikukuhkan oleh Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari di Hall A Senayan, Jakarta, Minggu (8/5/2022).
 
NTO – FIA
 
Presiden Joko Widodo meminta kepada atlet untuk bisa mengharumkan negara bangsa kita Indonesia. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
 
Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS