Presiden Jokowi Resmikan Tol Solo-Yogyakarta Seksi I

September 19, 2024
pres51

BOYOLALI, govnews-idn.com – Presiden Joko Widodo meresmikan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Seksi I Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (19/9/2024).

“Alhamdulillah sore ini jalan tol ruas Solo-Yogyakarta-Kulon Progo Seksi 1 Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km sudah selesai dan siap dioperasikan,” katanya di sela peresmian.

Pembangunan tersebut dilakukan dari tahun 2021 dan selesai pada tahun 2024 dengan menelan anggaran sebesar Rp5,6 triliun. Presiden mengatakan dengan keberadaan tol akan meningkatkan aksesibilitas dan mengefisienkan waktu tempuh kendaraan dari Solo menuju Yogyakarta.

“Dulu waktu saya kuliah Solo-Jogja naik motor, seingat saya 50 menit sudah sampai. Sekarang dengan mobil bisa 3-3,5 jam, bahkan sampai 6 jam pernah,” ujar Presiden.

Menurut dia, lamanya waktu tempuh itu menjadi fakta di lapangan. “Padahal kita butuh daya saing, kecepatan, ketepatan waktu yang tidak bisa ditawar lagi. Tol ini akan mengefisienkan waktu tempuh dari Kartasura menuju ke Jogja,” urainya.

Lebih Singkat

Kepala Negara memperkirakan dengan adanya tol, waktu tempuh akan lebih singkat, menjadi kurang lebih 30-50 menit. “Karena belum jadi ya kita memperkirakan, namun ini akan mengurangi jalan nasional yang sangat ramai. Kita harapkan jadi pengungkit ekonomi daerah dan memicu pertumbuhan ekonomi baru di sekitar pintu tol,” urai Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

Endot – Ant

Presiden Joko Widodo menuju lokasi peresmian tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Seksi I Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (19/9/2024). Foto: Ant.

RELATED POSTS