Presiden Joko Widodo Cek Harga Barang di Pasar Baturiti Tabanan

February 2, 2023

TABANAN, govnews-idn.com – Presiden Joko Widodo berkunjung ke Pasar Baturiti, Tabanan, Bali, Kamis, untuk mengecek langsung harga barang sekaligus menyerahkan paket sembako berisi beras, minyak, teh dan biskuit kepada pedagang pasar dan masyarakat.

Pasar Baturiti menjadi tujuan kedua kunjungan kerja Presiden RI bersama rombongan menteri dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Bali setelah mereka tiba di Pulau Dewata, Rabu (1/2/2023).

“Ke Pasar Baturiti Tabanan, saya mau ngecek harga-harga. Tadi saya ngecek harga minyak masih baik Rp15.000. Ada kenaikan sedikit, tetapi saya kira biasa naik turun, (tetapi masih di kisaran, red.) Rp15.000,” kata Presiden selepas meninjau harga-harga di Pasar Baturiti selama lebih dari 20 menit.

Dia menambahkan harga-harga barang lainnya masih cenderung stabil, meskipun harga beras memang naik.

“Harga beras memang naik. Di semua provinsi memang naik,” kata Presiden Jokowi.

Presiden bersama Ibu Negara tiba di Pasar Baturiti sekitar pukul 08.30 WITA dan kedatangan keduanya disambut Bupati I Komang Gede Sanjaya beserta istri. Kedatangan orang nomor wahid di Indonesia itu disambut riuh tepuk tangan dan sapaan masyarakat yang antusias memanggil Presiden, “Pak Jokowi!”

Menghampiri Pedagang

Usai menyapa dari kejauhan, Presiden bersama Ibu Negara dan sejumlah menteri, seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Bali I Wayan Koster dan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Marsekal Muda (Marsda) TNI Wahyu Hidayat Soedjatmiko langsung menghampiri pedagang pasar mulai dari area luar bangunan, kemudian ke dalam kompleks pasar.

Di sepanjang kegiatan itu, Presiden menyempatkan diri berbincang dan menyerahkan paket bantuan sembako, menyalami para pedagang dan masyarakat.

Usai berkeliling pasar selama 20 menit, Ibu Negara keluar terlebih dahulu dari kompleks pasar. Dia mengaku sempat membeli buah, seperti jeruk dan kedondong dari para pedagang. Begitu pula dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Keduanya menyempatkan diri membeli buah dari pedagang.

Tidak berbeda dari kunjungan Presiden RI di Pasar Seni Sukawati, Gianyar, Rabu (1/2/2023), Jokowi membagikan kaus berwarna hitam bergambar wajahnya kepada para pedagang dan masyarakat.

Kegiatan membagi-bagikan kaus itu berlangsung selama kurang lebih 10 menit. Warga yang antusias melambaikan tangan ke arah Jokowi yang berharap mendapat lemparan kaus dari Presiden yang berdiri di dekat Mobil Kepresidenan. Presiden bersama rombongan meninggalkan Pasar Baturiti pada pukul 09.00 WITA untuk melanjutkan perjalanan ke Buleleng. Di Buleleng, Presiden dijadwalkan meresmikan Bendungan Tamblang.

FIA – ANT

Presiden Joko Widodo membalas sapaan warga saat meninjau harga barang-barang di Pasar Baturiti, Tabanan, Bali, Kamis (2/2/2023). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.

RELATED POSTS