MenKopUKM: Tren Custom Fashion Peluang UMK Kuasai Pasar Lokal

July 6, 2023

JAKARTA, govnews-idn.com – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menegaskan perkembangan gaya hidup, khususnya fashion tidak lagi berkiblat pada produksi massal atau skala pabrik. Melainkan mengarah pada custom fashion sesuai pesanan konsumen. Ini peluang bagi pelaku UMK untuk menguasai pasar lokal karena potensinya masih terbuka lebar.

“Brand lokal yang sebagian besar pelakunya usaha mikro kecil dengan produk custom-nya yang unik, tren baru permintaan fashion saat ini. Terlebih tren media sosial juga mengarah ke hal-hal unik, kecil tapi menarik. Ini yang harus kita manfaatkan untuk menguasai pasar dalam negeri dengan brand lokal,” kata MenKopUKM usai membuka JakCloth Summerfest Reload 2023 di Parkir Timur Senayan Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Dengan membidik pasar menengah ke atas, MenKopUKM Teten Masduki optimistis brand lokal yang memproduksi custom dan fashion unik, akan mendapat nilai tambah. Karena harga produk custom umumnya lebih tinggi dibandingkan barang produksi massal. “Pasar yang dibidik juga bisa pasar upper di mana mereka sangat butuh akan ciri khas atau keunikan fashion yang dikenakan,” ucapnya.

Meski menekankan pada produk fashion custom dan unik untuk bisa menguasai pasar dalam negeri, MenKopUKM juga mengingatkan agar industri fashion tetap bisa memproduksi fashion secara massal yang ditujukan untuk pasar menengah ke bawah. Ini diperlukan agar, Indonesia tidak perlu lagi mengimpor pakaian bekas yang jelas-jelas akan mematikan industri fashion dalam negeri.

Agregator Fashion

Terkait JakCloth Summerfest Reload, MenKopUKM mengakui dia sendiri sudah lama menantikan event ini digelar. “Ini satu event yang sangat berarti bagi industri fashion dan kreatif di Indonesia. Wadah bagi inovasi, inspirasi dan kolaborasi yang luar biasa,” tegas Teten.

Menurut dia, sejak berdirinya pada 2007, JakCloth telah menjadi event lokal clothing terbesar di Indonesia. Bahkan JakCloth bukan lagi jadi sekadar event, melainkan platform dan aggregator produk fashion lokal terbaik.

Menteri menjelaskan, JakCloth juga telah bekerjasama dengan KemenKopUKM untuk pembiayaan KUR dalam pembelian bahan baku kolektif, produksi bersama, gudang bersama, sampai dengan pembelian booth di event JakCloth agar UMKM semakin bisa mengakses pasar. “Ini merupakan bentuk nyata bagaimana pemerintah juga merespons kebutuhan UMKM di Indonesia,” katanya.

Tidak hanya itu, JakCloth juga mendukung wirausaha di setiap daerah melalui tur ke kota-kota besar di Indonesia. Hal ini terbukti dengan kerjasama JakCloth dalam acara Lebaran Tour, di mana JakCloth bekerjasama dengan ribuan UMKM Clothing untuk mengunjungi 13 kota besar di Indonesia. Termasuk Banjarmasin, Malang, Bekasi, Samarinda, Lampung, Surabaya dan kota-kota lainnya. Kota-kota itu sekaligus menjadi saksi perkembangan pesat industri fashion di Indonesia.

Teten mengatakan, dalam setiap acara JakCloth lebih dari 300 brand UMKM lokal terlibat. Dan peran aggregator semakin menjadi kunci yang mengonsolidasikan UMKM Indonesia naik kelas.

Dia memaparkan, industri fashion memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Tercatat 18% PDB Indonesia berasal dari sektor ini dan sektor fashion juga menyumbang 66% dari total nilai ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia.

“Angka-angka ini membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh industri fashion di Indonesia dan JakCloth hadir sebagai wujud nyata dari keberhasilan ini,” lanjutnya.

Tidak heran, perputaran ekonomi yang terjadi di setiap acara JakCloth dapat mencapai ratusan juta hingga miliarab rupiah.

Sebagai contoh, Lebaran Tour JakCloth sukses mencapai penjualan sebesar Rp200 miliar. Dengan lebih dari 1 juta pengunjung di setiap kota, acara ini memberikan kontribusi yang luar biasa bagi UMKM yang terlibat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat yang lebih luas.

“Kepada seluruh brand UMKM yang berpartisipasi di JakCloth Summerfest Reload, selamat berkolaborasi dan unjuk gigi. Kepada seluruh masyarakat Indonesia selamat berbelanja produk fashion lokal terbaik di JakCloth Summerfest Reload,” tutur Menteri.

Mulia Ginting – Erwin Tambunan

“Ini merupakan bentuk nyata bagaimana pemerintah juga merespons kebutuhan UMKM di Indonesia,” kata Teten Masduki. Foto: KemenKopUKM.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS