MenkopUKM Luncurkan Pasar Kaget Ramadhan Smesco 2023 Jelang Lebaran

April 11, 2023

JAKARTA, govnews-ina.com – Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki meluncurkan Pasar Kaget Ramadhan Smesco 2023 yang digelar di Smesco di Jakarta menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H. “Pasar kaget yang diselenggarakan hingga 15 April 2023 ini melibatkan 60 stand yang diikuti lebih dari 100 UKM atau peserta,” kata MenKopUKM di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Selain di Smesco, pelaksanaan Bazaar Ramadhan juga diselenggarakan di Masjid At Thohir, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, 1-16 April 2023 yang melibatkan 19 UKM makanan dan minuman, serta 6 UKM fesyen. Tak hanya itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga menjadi pelaksanaan Smesco Bazaar Ramadhan mulai 24 hingga 27 April 2023 yang melibatkan 20 UKM F&B, 10 UKM Craft dan 10 UKM Fashion.

“Diselenggarakannya Pasar Kaget Ramadhan Smesco 2023 ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi dan pemasaran produk UMKM dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata MenkopUKM Teten.

Memanfaatkan lahan luas di samping Gedung Smesco, Menteri meminta potensi ini terus diutilisasi agar ada ruang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. Sehingga, dalam jangka panjang, Smesco menjadi garda terdepan bagi UMKM.

“Saya optimistis kita bisa terus meningkatkan omzet UMKM dengan mendekatkannya ke market, seperti yang kita lakukan di bazaar ini. Saatnya untuk mulai membeli dan menggunakan produk dalam negeri, hingga rutin menerapkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Ini tentu akan sangat signifikan dampaknya, juga bagi konsumen bisa mendapatkan produk unggulan karena produknya sudah kita kurasi,” ucap MenkopUKM.

Yang pasti, Menteri Teten menegaskan bahwa Smesco harus menjadi ekosistem pengembangan UMKM. “Saya berharap Bazaar Ramadhan bisa membantu UMKM supaya mereka bisa menaikkan omzetnya selama bulan puasa ini,” tutur Teten.

Berkolaborasi Dengan Skyeats

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata menjelaskan, Smesco telah berkolaborasi dengan Skyeats membangun dapur bersama untuk pelaku UKM di bidang makanan dan minuman.

Ini merupakan bentuk dukungan Smesco yang memanfaatkan teknologi di bidang F&B membangun  mesin Retort. Retort merupakan mesin untuk memproses sterilisasi makanan yang memungkinkan produk makanan bisa disimpan pada suhu ruang hingga 12 bulan.

“Jadi, para pelaku UKM F&B peserta Bazaar Ramadhan ini bisa memanfaatkan dapur bersama untuk membuat produk yang saat ini dipasarkan dan bisa bertahan atau awet hingga 12 bulan pada suhu ruang,” kata Leonard.

Dengan hadirnya dapur bersama, UKM dapat menerima margin tambahan hingga 20% dengan menekan biaya operasional produksi dan pemasaran. Dengan mesin Retort, menghasilkan produk makanan untuk satu bulan, dapat dilakukan dalam 2 hingga 3 hari saja.

“Artinya, UKM dapat menghemat biaya produksi, dengan membayar sewa tempat produksi selama 3 hari dan membayar pegawai yang saat ini bisa berbasis harian,” ujar Leonard.

Mulia Ginting – Erwin Tambunan

“Pasar Kaget Ramadhan Smesco 2023 ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi dan pemasaran produk UMKM dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata MenkopUKM Teten. Foto: KemenKopUKM.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

RELATED POSTS