Tingkatkan Perekonomian Warga, Babinsa Mapurujaya Ajarkan Budidaya Kopi Robusta

June 20, 2023

TIMIKA, govnews-idn.comSerda Yohanis Lilik anggota Koramil 07/Mapurujaya Kodim 1710/Mimika memanfaatkan waktu luangnya di tengah kesibukannya sebagai Babinsa. Waktu luang tersebut digunakan menanam kopi jenis Robusta yang berlokasi di Kampung Wania, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Senin (19/6/2023).

Ditemui di lahan kopi miliknya, Serda Yohanis Lilik mengatakan bahwa awalnya banyak kendala yang dihadapi untuk budidaya kopi Robusta, tapi kendala itu tidak menjadi penghalang bagi Serda Yohanis. Sesab dijadikan sebagai penyemangat baginya, karena dia ingin membuktikan bahwasanya budidaya kopi bisa dijadikan sebagai mata pencaharian yang dapat meningkatkan perekonomian warga.

Serda Yohanis terus mengasa ilmu tentang cara budidaya kopi dengan otodidak. Budidaya kopi sudah ditekuni sejak beberapa tahun terakhir. Sejak tanaman kopi miliknya mulai menuai hasil, masyarakat sekitar mulai berdatangan dan bertanya tentang cara budidaya kopi yang baik. Jika ada warga yang datang, Serda Yohanis meluangkan waktu untuk mengajari bahkan langsung diajak praktek karena dengan terjun langsung di lapangan mereka akan mudah mengerti.

Pada kesempatan inilah Serda Yohanis mengajak dan mengajari warga untuk memanfaatkan lahan tidur untuk budidaya kopi guna meningkatkan perekonomian keluarga. Serda Yohanis mengatakan sangat senang bisa berbagi ilmu kepada warga dan semoga ilmu yang diajarkan dapat bermanfaat bagi mereka.

 Pen Kodim 1710/Mimika – Abdi Jaya

Serda Yohanis Lilik sedang membersihkan lahan kopi miliknya memanfaatkan pertanahan yang tidak dimanfaatkan warga setempat. Foto: Kodim 1710/Mimika.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS