Satgas Yonif 600/Modang Yakinkan Warga Kembali ke Kampung Suru-Suru Setelah 14 Bulan Mengungsi

January 30, 2023

MERAUKE, govnews-idn.com -Keberadaan Satgas Satuan Organik Yonif 600/Modang Kolakops Korem 174/ATW yang sedang melaksanakan tugas pengamanan di wilayah Distrik Suru-Suru Kabupaten Yahukimo berhasil meyakinkan Pejabat Pemerintah Distrik Suru-Suru yang selama ini mengungsi, akhirnya bersedia kembali dan meyakinkan bahwa di wilayah Kampung Suru-Suru telah aman.

Hal tersebut dibuktikan dengan kedatangan Kepala Distrik Suru-Suru Bapak Sefanya Payage dan rombongan dengan jumlah 5 orang, telah tiba di Kampung Suru-Suru dengan aman dan disambut Danpos Satgas Yonif R 600/Modang, Kapten Inf Gilang. Bapak Sefanya Payage berangkat dari Agats Kabupaten Asmat sekitar pukul 06.30 WIT dengan menempuh perjalanan sungai selama 7 jam menggunakan speed boat, Sabtu (28/1/2023).

Setibanya di Distrik Suru-Suru, Sefanya Kayage mengatakan dihadapan Danpos Satgas Satuan Organik Yonif 600/Modang bahwa kedatangannya bersama rombongan ingin memastikan bahwa Distrik Suru-Suru dalam keadaan aman. Kemudian agar disampaikan kepada warganya supaya diajak kembali dari pengungsian.

Selama 14 bulan Distrik Suru-Suru menjadi satu wilayah yang tak berpenghuni sejak terjadinya penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Suru-Suru dengan menyerang Pos TNI serta membakar beberapa rumah, Sehingga masyarakat dan aparat pemerintah, petugas kesehatan, bandara dan pelabuhan hingga para pendeta meninggalkan Distrik Suru-Suru guna menyelamatkan diri dan tersebar ke berbagai daerah. Pasca Penyerangan Pok KKB ke Suru-Suru hanya Pos TNI yang masih bertahan, guna mengamankan wilayah tersebut.

Pada bulan Juni 2022, Satgas Satuan Organik Yonif 600/Modang yang dipercaya memperkuat Pos TNI untuk mengamankan di wilayah Distrik Suru-Suru. Kegiatan anggota Satgas Organik 600/Modang mulai mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak perlu takut untuk kembali ke rumah mereka masing-masing.

Pada tanggal 11 Oktober 2022, Danyonif Raider 600/Modang Letkol Inf Hanif Arridho, S.E., M.M. datang di Suru-Suru dalam rangka meyakinkan bahwa situasi sudah aman serta meninjau Prajurit TNI yang berada di Pos Ramil Suru-Suru, sekaligus mengirimkan dukungan logistik dari Timika ke Suru-Suru menggunakan 2 unit Helicopter. Kunjungan itu dimaksudkan untuk meyakinkan bahwa situasi sudah aman dan meyakinkan. Agar tidak takut kembali ke rumah masing-masing. Pada kesempatan yang sama Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf J. V. Tethool juga menghimbau masyarakat untuk kembali dan melaksanakan kegiatan dan aktivitas seperti biasa tanpa perlu khawatir.

Meyakinkan masyawakat bahwa situasi sudah kondusif.

Kini setelah 14 bulan Distrik Suru-Suru ditinggalkan, sudah mulai ada tanda titik terang bahwa masyarakat akan kembali ke Kampung Suru-Suru dengan kehadirannya Kepala Distrik Suru-Suru beserta rombongan untuk bertemu dengan Danpos Satgas Yonif 600/Modang Kapten Inf Gilang. Ini guna memastikan bahwa wilayah Suru-Suru telah kondusif.

Bapak Sefanya Kayage juga menjelaskan bahwa masyarakat Suru-Suru sudah tidak tahan di pengungsian dan ingin kembali ke kampung mereka karena sudah 1 tahun 2 bulan lebih meninggalkan kampung. Dalam waktu dekat para pengungsi dari Yahukimo, Asmat, Distrik Obio, pegunungan dan yang di hutan akan kembali ke Distrik Suru-Suru sambil menunggu informasi dari dia. Mereka juga berharap ketika masyarakat kembali ke Suru-Suru, agar personel Pos Satgas Yonif 600/Modang membantu pengamanan setelah kembalinya masyarakat serta bantu membersihkan kampung.

Pada video yang berdurasi 1 menit 28 detik, Kepala Distrik Suru-Suru Sefaya Kayage memberikan pernyataan, “Saya sebagai Kepala Distrik Suru-Suru hari ini dari Asmat tiba di Suru-Suru jam 13.00 dan kami ketemu dengan Danpos Suru-Suru dari Yonif Raider 600/Modang. Kami bersama-sama sudah bicara untuk keamanan masyarakat dan masyarakat bisa kembali karena keamanan di Distrik Suru-Suru sudah aman. Kami bisa mengatasi dan menjaga keamanan bersama-sama masyarakat untuk ke depannya melakukan kegiatan dan aktivitas seperti biasa. Diharapkan Pemda Yahukimo dan Asmat bisa memfasilitasi untuk mengembalikan masyarakat pengungsi”.

Menanggapi permintaan tersebut, Danrem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi selaku Dankolakops Korem 174/ATW telah memerintahkan Dansatgas Yonif Raider 600/Modang untuk memberikan bantuan seoptimal mungkin kepada masyarakat Distrik Suru-Suru dengan tetap mengutamakan faktor keamanan.

PENREM 174/ATW MERAUKE – MION EFENDY

Pelukan kehangatan dari TNI atas kehadiran kembali Kepala Distrik Suru-Suru Bapak Sefanya Payage dan rombongan dengan berjumlah 5 orang di kampung halamannya. Foto Puspen TNI.

RELATED POSTS