Respon Keluhan Masyarakat, Prajurit Ajusta Bangun Jembatan Darurat di Daerah Operasi

May 15, 2023

MALUKU, govnews-idn.com – Salah satu wujud nyata dari kemanunggalan TNI-Rakyat,dengan berjalannya sinergitas antara TNI dengan masyarakat di manapun bertugas. Seperti yang dilakukan para Prajurit Satgas Yonarmed 1 Kostrad dengan membantu masyarakat Waesama membangun jembatan darurat di atas Sungai air Nala, Dusun Waeula, Desa Waemasing, Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Kostrad Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M. dalam keterangan tertulisnya di Pos Waesama, Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Jumat (12/5/2023).

Dansatgas mengatakan, TNI AD Manunggal bersama rakyat merupakan suatu slogan yang harus dibuktikan melalui tindakan nyata di lapangan. “Kegiatan yang dilaksanakan oleh prajurit di bawah pimpinan Danpos Waesama Lettu Arm Angga Eka ini, merupakan implementasi dari Tujuh Perintah Harian Kasad poin kelima dan keenam, yaitu TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi serta melakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD,” ungkap Dansatgas.

Kesulitan Akses Transportasi

Berawal dari banyaknya keluhan masyarakat akan kesulitan akses transportasi untuk menuju Kabupaten Namrole, Pos Waesama Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Kostrad bersama warga bergotong-royong membangun mulai dari penyiapan lahan, pengangkutan material, pembuatan kerangka dan badan jembatan, hingga tahap penyempurnaan sampai dengan digunakan oleh seluruh masyarakat sekitar.

Jafar Wael selaku Tetua Adat setempat mengaku sangat senang dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anggota Pos satgas untuk membantu masyarakat Waesama untuk mengatasi kesulitan rakyat. Terutama berkaitan dengan akses transportasi untuk membantu sistem perekonomian di daerah tersebut.

“Kami mewakili seluruh masyarakat Waesama mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI, lebih khususnya Pos Waesama yang telah membantu kami semua. Semoga Bapak-bapak TNI senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan selama bertugas di Pulau Buru ini. Sekali lagi Terima kasih, kami semua sangat senang. TNI AD selalu ada dihati rakyat,” pungkas Jafar Wael.

 Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad – Robet

Gotong royong memperbaiki jembatan menggunakan kayu gelondongan. Foto: Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

RELATED POSTS