Perluasan Bandara Komodo akan Diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis

July 20, 2022

JAKARTA, govnews-idn.com – Menhub Budi Karya Sumadi memberi info bahwa perluasan Bandara Komodo akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (21/7/2022).
“Saya bersama Pak Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR) datang ke Labuan Bajo untuk memastikan infrastruktur di salah satu dari lima destinasi wisata ini telah diselesaikan dengan baik,” kata Menhub Budi Karya dalam keterangan tertulis, Rabu. Dijadwalkan, lanjut Menhub, infrastruktur yang sudah rampung itu akan diresmikan Presiden Jokowi Kamis.

Menhub Budi Karya Sumadi (kedua dari kanan), Rabu (20/7/2022)  memastikan kesiapan Bandara Komodo yang akan diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis. Foto: BKIP Kemenhub

Menhub mengatakan pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi di Labuan Bajo bertujuan untuk mendukung potensi wisata yang ada di Labuan Bajo.

“Bandara ini sudah selesai kita bangun dan saat ini memiliki kapasitas hingga 1 juta penumpang per tahunnya. Ke depannya, runway akan kami tambah menjadi 2.750 meter,” ujarnya. Pembangunan dan perluasan Bandara Komodo dilakukan sejak tahun 2020 hingga 2022.

Adapun ruang lingkup pembangunan dari sisi udara yaitu perpanjangan runway dari sebelumnya sepanjang 2.450 m X 45 m kini menjadi 2.650 m x 45 m, yang mampu didarati pesawat jenis B737 Series (narrow body).

Selain itu, di sisi darat juga dilakukan perluasan gedung terminal hingga 13.366 meter persegi dan beautifikasi gedung terminal dengan tampilan yang lebih menarik bagi wisatawan.

IMS

 

Komodo menjadi primadona wisata di Labuan Bajo dan sekitarnya. Foto: Pixabay

RELATED POSTS