Manfaatkan Lahan Tidur, Satgas Yonif 126/KC Sosialisasi Cara Tanam Dan Berkebun Cabai di Perbatasan Papua

October 12, 2022
KEEROM, govnews-idn.com – Kehadiran Personel Pos Somografi Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti dalam upaya bantu meningkatkan perekonomian masyarakat di sektor pertanian, diawali dengan cara penyuluhan pembibitan cabai dan perawatan kepada warga Kampung Somografi, Kabupaten Keerom.
 
Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han dalam release tertulisnya di Kabupaten Keerom, Rabu (12/10/2022).
 
Dansatgas berpesan agar seluruh anggotanya yang melaksanakan tugas di perbatasan tidak hanya melaksanakan tugas pokok pengamanan perbatasan saja. Tetapi juga melakukan sesuatu yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satunya dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pembibitan cabai dan perawatan kebun sehingga mendapatkan hasil panen yang diharapkan.
 
Pos Somografi yang berada di Kabupaten Keerom Papua merupakan bagian tidak terpisahkan dari Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti. Akan selalu berusaha berbuat terbaik untuk masyarakat yang berada di wilayah binaanya dan berupaya mendorong program pemerintah meningkatkan perekonomian masyarakat. Caranya dengan berwirausaha dan memanfaatkan potensi alam di sekitar tempat tinggalnya.
 
Pos Somografi Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti yang berada di bawah jajaran Kipur II, berkedudukan di Kampung Somografi, Kabupaten Keerom. Di bawah kendali Danpos Letda Inf Sucipto bersama dengan rekan-rekan Pos Somografi. Mereka berupaya bantu meringakan beban masyarakat di wilayah binaannya di bidang perekonomian, dengan memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan masyarakat di bidang pertanian cabai. Dengan terjun langsung memberi penyuluhan kepada masyarakat di Kampung Somografi.
 
Cabai tumbuh subur di lahan yang sebelumnya terbengkalai
 
Dengan bekal pelatihan yang di dapat dari Satuan Yonif 126/Kala Cakti, Satgas Pamtas RI-PNG Pos Somografi sangat kreatif dan bersemangat menularkan ilmu pengetahuannya kepada masyarakat desa binaannya di Kampung Somografi. Dengan maksud mengajak masyarakat memanfaatkan potensi wilayahnya yang didominasi daratan yang cocok untuk menanam cabai.
 
Seorang perwakilan dari masyarakat Kampung  Somografi Bapak Wenky Pull (45) menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pos Somografi Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti. Karena telah menularkan ilmu pengetahuannya kepada masyarakat Kampung Somografi. Semoga silaturahmi ini bermanfaat bagi masyarakat dan Pos Somografi Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti untuk meningkatkan penghasilan masyarakat di bidang pertanian.
 
“Terimakasih kepada teman-teman Pos dan Danpos Somografi Satgas Yonif 126/Kala Cakti yang berkenan hadir di tengah-tengah masyarakat Kampung Somografi. Dengan itikad baiknya mau membagi ilmu kepada masyarakat, sehingga mampu meningkatkan penghasilan masyarakat dari sektor pertanian. Semoga silaturahmi ini bermanfaat bagi kita semuanya,” imbuhnya.
 
PEN SATGAS PAMTAS YONIF 126/KALA CAKTI – ROBET
 
Warga melihat hasil berkebun yang prosesnya dibantu Personel Pos Somografi Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti. Foto Puspen TNI
 
Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS