Kolakops Korem 174/ATW Merauke, Sweeping Terhadap Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW dan Yonif 410/ALG

September 18, 2022
MERAUKE, govnews-idn.com – Untuk penegakkan aturan terhadap barang bawaan bagi setiap satuan purna tugas di wilayah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW, bertempat di Pelabuhan Yos Sudarso Merauke Papua Selatan menggelar sweeping gabungan dan pemeriksaan barang sebelum dinaikan di atas kapal KRI Banjarmasin.
 
Secara khusus terhadap pasukan purna tugas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali dan Yonif 410/Alugoro yang akan membawa kedua Batalyon tersebut kembali ke home base satuan masing-masing. Setelah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG Sektor Selatan wilayah Kolaksops Korem 174/ATW Merauke selama 10 bulan.
 
Sweeping dipimpin langsung Kepala Seksi Intelijen Korem 174/ATW Kolonel Kav Ahmad Edi Supriyadi melibatkan Tim Intel Korem 174/ATW, Denpom XVII/3 Merauke, Pomal Lantamal -XI Merauke, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam, Balai Karantina Pertanian dan Hewan, Bea Cukai, Polhut serta Karantina dan Kesehatan Pelabuhan Kabupaten Merauke, Minggu (18/9/2022).
 
Kolonel Kav Ahmad Edi Supriyadi sebelum pelaksanaan sweeping terhadap seluruh barang bawaan prajurit di pelabuhan umum Yos Sudarso Merauke, menyampaikan bahwa sweeping gabungan ini merupakan protap yang selama ini dilaksanakan Kolakops Korem 174/ATW. 
 
Barang dan Hewan
 
Sebagai upaya penegakkan aturan terhadap larangan kepada setiap prajurit agar tidak membawa barang dan hewan serta tumbuhan yang dilarang dan dilindungi.
 
“Siapapun prajurit yang akan berangkat keluar Papua, dalam hal ini keluar Kabupaten Merauke, tidak diperbolehkan membawa barang dan hewan serta tumbuhan secara illegal. Kita sebagai prajurit harus taat terhadap aturan dan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.
 
Usai pemeriksaan seluruh barang bawaan para prajurit, Kolonel Kav Ahmad Edi Supriyadi menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit atas kesediaan dan loyalitas serta kepatuhan terhadap aturan yang sudah dilaksanakan dengan baik. “Saya bangga terhadap kalian sebagai prajurit dan sampaikan salam hormat saya kepada keluarga serta selamat kembali ke home base masing-masing, semoga tiba dalam keadaan selamat,” katanya.
 
PENREM 174/ATW MERAUKE – ABDI JAYA
 
Suasan sweeping dilakukan terhadap mereka yang purna tugas sebelum meninggakan Papua Selatan. Foto Puspen TNI

RELATED POSTS