Jaring Kaum Milenial, KemenKopUKM Pendampingan Calon Wirausaha di Kota Serang

October 23, 2022

SERANG, govnews-idn.com – Upaya menumbuhkan minat berwirausaha dan meningkatkan rasio kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) melalui Deputi Bidang Kewirausahaan menyelenggarakan Pra Pendampingan Calon Wirausaha di Kota Serang, Banten.

Asisten Deputi Konsultasi Bisnis dan Pendampingan, KemenKopUKM, Destry Anna Sari di Banten, Sabtu (22/10/2022) menyampaikan generasi muda diharapkan menjadi wirausaha yang bukan hanya memenuhi kebutuhan hidupnya, namun juga menciptakan lapangan kerja.

“Peningkatan rasio kewirausahaan suatu negara diperlukan agar memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dan mengurangi ketergantungan impor. Suatu negara disebut maju apabila rasio kewirausahaannya semakin tinggi,” ucapnya.

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang dengan Tim UKM Indonesia sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti 30 orang Gen Z yang merupakan calon wirausaha dari Universitas Islam Negeri “SMH” Banten dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

KemenKopUKM berkolaborasi dengan ukmindonesia.id, UNDP dan berbagai stakeholder mengaplikasikan modul pengembangan bisnis lestari yang juga dapat diakses melalui edukukm.

Wirausaha Meda

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Serang Wasis Dewanto menyampaikan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini untuk menciptakan lebih banyak wirausaha muda di Kota Serang.

“Diharapkan dengan bertumbuhkembangnya wirausaha muda di Kota Serang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Serang dan sekitarnya,” ujar Wasis.

Pada kegiatan ini, para peserta diberi pengetahuan dasar sebagai fondasi untuk berwirausaha. Seperti Business Model Canvas, cara menghitung modal dan harga pokok penjualan.

Kegiatan Pra Pendampingan Calon Wirausaha difokuskan untuk mempersiapkan para calon mengikuti program pendampingan selanjutnya. Para peserta diharapkan mampu mengembangkan ide bisnis yang telah dimiliki dan mengembangkan usaha yang dirintis selama ini.

MULIA GINTING – ERWIN TAMBUNAN

 

“Suatu negara disebut maju apabila rasio kewirausahaannya semakin tinggi,” ucap Destry Anna Sari. Foto: KemenKopUKM

 

RELATED POSTS