Dankolakops Korem 174/ATW Pimpin Serah Terima Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Selatan

September 17, 2022
MERAUKE, govnews-idn.com – Bertempat di Lapangan Makorem 174/ATW Jalan Poros Tanah Miring, Kampung Kamangi, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Danrem 174/ATW Merauke selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) Sektor Selatan  Brigjen TNI E. Reza Pahlevi, S.E memimpin langsung upacara Serah Terima dan Pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Selatan dari Satgas lama Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali kepada Satgas baru Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY. Dan Satgas lama Pamtas RI-PNG Yonif 410/Alugoro kepada Satgas baru Pamtas RI-PNG Yonif 725/Woroagi, Jumat (16/9/2022).
 
Upacara dipimpin Brigjen TNI E. Reza Pahlevi (Danrem 174/ATW) selaku Inspektur Upacara, Mayor Inf Zulfani (Wadan Satgas Yonif 410/Alugoro) selaku Komandan Upacara dan Kapten Inf Hermanus Kopong (Pasibinpersrem 174/ATW) selaku Perwira Upacara. Upacara diikuti 350 orang terdiri dari Satgas Pamtas yang lama Yonif 123/Rajawali  dan Yonif 410/Alugoro serta perwakilan Satgas baru Pamtas RI-PNG Yonif 511/Dibyatara Yodha dan Yonif 725/Woroagi.
 
Dalam amanatnya Dankolakops Korem 174/ATW mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala dharma bakti selama penugasan di wilayah Papua. Hal ini patut disampaikan karena berdasarkan pengamatan dan laporan, satuan ini cukup berhasil melaksanakan tugas di daerah operasi sebagai Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Perbatasan Darat RI-PNG di Wilayah Papua Sektor Selatan.
 
Hal ini membuktikan bahwa para prajurit telah berhasil membangun interaksi yang baik dengan masyarakat melalui implementasi dari nilai-nilai luhur Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Semua itu dilakukan untuk merebut simpati dan hati rakyat, untuk mewujudkan stabilitas keamanan wilayah Papua.
 
Selanjutnya selamat datang kepada Satgas pamtas RI-PNG yang baru Yonif 511/Dibyatara Yodha dan 725/Woroagi yang telah dipercayakan Negara untuk melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan darat di wilayah Korem 174/Anim Ti Waninggap dalam rangka menjaga kedaulatan Negara serta stabilitas keamanan yang ada di wilayah Papua. “Kedatangan kalian di wilayah ini adalah untuk membantu Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan tugas operasi yang di gelar di wilayah Papua.”
 
Tidak Membawa Hewan
 
Diakhir amanatnya Dankolakops Korem 174/ATW mengingatkan kepada para prajurit yang akan meninggalkan daerah operasi ini untuk tidak membawa hewan dan tumbuhan yang dilindungi. 
 
Pada upacara, Dankolakops menyematkan tanda kehormatan negara Satya Lencana Wira  Dharma kepada perwakilan Satgas yang purna tugas dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Pangdam XVII/Cenderawasih selaku Dankogarfung wilayah Papua dan piagam penghargaan serta plakat dari Dankolakopsrem 174/ATW kepada Dansatgas Yonif 123/RW dan Yonif 410/ALG.
 
Selanjutnya Brigjen TNI Reza Pahlevi selaku Dankolakops Korem 174/ATW didampingi Wakil Bupati Merauke H. Ridwan, S.Sos,M.Pd memberikan piagam penghargaan kepada Kapten Inf Ari Perdana (Pasi Intel Yonif 410/Alugoro) beserta Prajurit yang berprestasi dalam tugas operasi pamtas RI-PNG dan berhasil memperoleh 1 pucuk senjata rakitan jenis Garend, 8 butir munisi kaliber  5,5 mm, 1 sajam jenis golok, berhasil mengamankan narkoba jenis ganja seberat 150 kg, berhasil membantu proses persalinan warga yang berada di perbatasan Kampung Rawa Biru Distrik Sota Kabupaten Merauke sebanyak 2 kali sehingga nyawa Ibu dan anaknya terselamatkan.
 
Turut hadir dalam kegiatan para pejabat Forkopimda Merauke, Pejabat TNI-Polri se Garnizun Merauke, Kasrem dan para Kasi Korem, para Dansat/Kabalakdisjan jajaran Korem 174/ATW serta para Kepala Dinas dan Instansi Pemda Kabupaten Merauke.
 
PENREM 174/ATW MERAUKE 
 
Dankolakops Korem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi menyaksikan penandatanganan serah terima beberapa jabatan Dansargas untuk wilayah Merauke. Foto Puspen TNI

RELATED POSTS