Bupati Berau Resmikan Listrik 24 Jam untuk Pulau Maratua

April 13, 2022

 

BERAU, govnews-idn.com – Dalam rangka mewujudkan Pulau Maratua Ramah Lingkungan maka di pulau itu dicanangkan listrik 24 jam dan konversi LPG menjadi kompor induksi.
Fasilitas listrik 24 jam itu diresmikan oleh Bupati Berau, Hj Sri Juniarsih Mas di Kantor PT PLN (Persero) UP3 Berau, Kalimantan Timur, dan diikuti masyarakat Kecamatan Pulau Maratua secara daring, pada Selasa (12/4/2022) kemarin.

Di pulau yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya ini, PLN hadir 24 jam untuk menerangi tiga desa di sana yakni Desa Bohe Silian, Desa Payung-Payung dan Desa Teluk Harapan. Selain itu acara juga dirangkai dengan penyerahan bantuan 600 kompor induksi kepada masyarakat di Kecamatan Pulau Maratua.

Pada acara yang mengusung tema, “Sinergi PLN Group, Pemkab Berau dan Stakeholder Dalam Program Konversi LPG Menjadi Kompor Induksi Untuk Mewujudkan Pulau Maratua Ramah Lingkungan” tersebut, hadir pula Unsur Forkopimda, Asisten II Setda Berau, Hj Maulidiyah, General Manager (GM) PLN UIW Kaltimra, Saleh Siswanto, Manager UP3 Berau, Deny Setiawan, dan tamu undangan lainnya.

Saleh Siswanto dalam sambutannya mengatakan bahwa listrik PLN untuk Pulau Maratua sudah hadir sejak September 2020, dengan jam operasi yang terus ditingkatkan dari waktu ke waktu, hingga kini sudah benderang 24 jam untuk menerangi 795 pelanggan di sana.

“Sebagai langkah awal, PLN sudah melistriki Maratua pada September 2020 dengan operasi 8 jam. Kemudian ditingkatkan menjadi 12 jam pada April 2021 dan alhamdulillah saat ini sudah beroperasi 24 jam,” paparnya seperti dilansir @pemkabberau.

Menyalanya listrik 24 jam ini sekaligus sebagai bingkisan Ramadhan terindah bagi warga Maratua agar dapat menjalankan ibadah dengan lebih nyaman, sekaligus meningkatkan geliat ekonomi Pulau Maratua. Untuk menambah waktu operasi Pulau Maratua menjadi 24 jam. Langkah yang ditempuh PLN adalah dengan menambah kapasitas pembangkit yang ada.

Kini listrik untuk Pulau Maratua disuplai oleh pembangkit bertenaga diesel dengan daya mampu 1.360 kW dan beban puncak 380 kW.

IMS

Seremonial peresmian oleh Bupati Berau dan pejabat lainnya. Foto: @pemkabberau.

RELATED POSTS