Buka Peluang UMKM Baru di Kampung Lisabata, Prajurit Ajusta Ajarkan Buat Makanan Olahan

January 20, 2023

AMBON, govnews-idn.com – Dalam upaya membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah penugasan, Satgas Pamrahwan Yonarmed 1 Kostrad mengajarkan masyarakat membuat olahan kue dadar gulung sebagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) baru. Hal itu disampaikan Danpos Wakolo Peltu Zainurrochim pada keterangan tertulisnya di Desa Lisabata Barat, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, Jumat (20/1/2023).

Dikatakan Danpos bahwa upaya yang dilakukan Satgas Yonarmed 1 Kostrad meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah penugasan terus digencarkan, salah satunya oleh Pos Wakolo ini. “Kegiatan ini dalam rangka mengembangkan ide-ide kreatif untuk pembuatan makanan olahan, diharapkan meningatkan perekonomian warga Desa binaan,” ungkapnya.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk membantu kesulitan masyarakat, khususnya bidang perekonomian. Seperti yang dilakukan oleh Pos Wakolo saat mengajarkan masyarakat membuat kue dadar gulung yang memiliki nilai ekonomi lebih baik.

Ibu ini secara seksama memperhatikan cara pengolahannya.

“Bahan yang digunakan terhitung sangat sederhana, yaitu tepung tapioka, kelapa parut serta gula merah. Proses pembuatannya pun tidak rumit, kami rasa hanya proses pemarutan kelapa dalam jumlah banyak yang membutuhkan waktu agak lama. Setelah itu dilanjutkan dengan penyiapan adonan tepung tapioka dan gula merah yang telah dicairkan,” tambah Danpos.

Terlihat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat untuk mempelajari cara pembuatan kue dadar gulung yang diberikan oleh personel Satgas Yonarmed 1 Kostrad sampai dengan proses pengemasan yang baik.

Terpisah, Bapak Jadid selaku Tokoh Masyarakat Desa Lisabata Barat mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonarmed 1 Kostrad atas pembuatan kue dadar gulung yang diselenggarakan oleh Pos Wakolo. “Kami berterima kasih sekali karena telah diajari cara membuat kue dadar gulung oleh Bapak TNI. Ternyata sederhana sekali dan tidak sulit untuk membuatnya, setelah dicoba rasanya nikmat dan lezat,” pungkasnya.

PEN SATGAS YONARMED 1 KOSTRAD – MION EFENDY

Dua Anggota Satgas Pamrahwan Yonarmed 1 Kostrad atau Prajurit Ajusta memperlihatkan kue dadar gulung yang tengah diproses. Foto Puspen TNI. 

RELATED POSTS