Bersama Nusantara Sehat, Satgas Yonif 126/KC Pembekalan P3K Siswa Perbatasan di Papua

October 7, 2022
KEEROM, jurnal-idn.com – Dokter Satgas Yonif 126/KC Letda Ckm dr. I Wayan Ryan Adhitya bersama Tim Nusantara Sehat berikan Pemuda Senggi Millenial (Paseman) orientasi dan implementasi P3K Tingkat Kampung kepada siswa-siswi SMK N 2 dan SMP N 1 Senggi, Kabupaten Keerom.
 
Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han. dalam rilisnya di Distrik Senggi, Papua, Jumat (7/10/2022).
 
Personel Pamtas Yonif 126/Kala Cakti membekali siswa
 
Melalui pembekalan ini diharapkan membantu siswa-siswi memahami cara memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan sebagai tindakan awal sebelum korban mendapatkan pertolongan lebih lanjut dari petugas kesehatan ataupun tim medis
 
“Kegiatan ini tidak hanya diberikan secara materi tetapi siswa-siswi juga diberikan untuk ikut mempraktekan apa yang sudah di ketahui oleh siswa-siswi. Dengan adanya praktek langsung diharapkan siswa-siswi mengetahui cara menangani korban yang mengalami luka sebelum di evakuasi ke instansi kesehatan. Karena jika salah tanggap akan menimbulkan dampak buruk yang berkepanjangan,” ujar Dansatgas.
 
Paseman yang mengikuti orientasi
 
Sementara itu, Maria, S.Pd. (35) selaku Guru SMK N 2 Senggi menyampaikan perasaan senangnya karena selain memberikan pengawasan pada murid murid-muridnya, dirinya juga dapat mengetahui langkah awal pertolongan pertama pada saat adanya kecelakaan. “Berkat bapak TNI, kami menjadi lebih paham penanganan awal pada korban kecelakaan sehingga ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kami,” ucapnya. 
 
PEN SATGAS PAMTAS YONIF 126/K – ENDA SURANTA
 
Siswa ini langsung melakukan praktek dari teori yang diterimanya. Foto Puspen TNI

RELATED POSTS