Bandara Mathilda Batlayeri akan Didarati Boeing yang Dioperasikan Dua Maskapai

August 6, 2022

SAUMLAKI, govnews-idn.com – Bandara Mathilda Batlayeri di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, dalam waktu dekat bakal didarati pesawat jenis Boeing milik dua maskapai.

Kepala Bandara Mathilda Batlayeri, Akhmad Romi, mengemukakan dua maskapai telah menyatakan berminat untuk mendarat di Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki.

“Dua maskapai penerbangan tersebut akan menggunakan pesawat berbadan lebar atau tipe Boeing,” kata Akhmad Romi di Saumlaki, Kamis (4/8/2022) lalu.

Bandara Mathilda Batlayeri di Saumlaki, Maluku, siap didarati pesawat Boeing. (@upbubatlayeri)

Dua maskapai penerbangan, lanjutnya, akan mengajukan permohonan untuk mendarat di Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki. Adapun dua maskapai tersebut masing-masing Sriwijaya Air dan Lion Air.

Menurut Kabandara, keinginan pihak maskapai ini telah disampaikan secara lisan dan sudah berkomitmen memenuhi urusan administrasi mereka, melalui surat resmi. Jika suratnya sudah diterima maka akan diteruskan ke Kementerian Perhubungan untuk diproses sesuai mekanisme.

Akhmad Romi, Kepala Bandara Mathilda Batlayeri. (@upbubatlayeri)

Ditambahkannya, Sriwijaya Air berencana untuk menggunakan pesawat Boeing klasik seri 500, sementara Lion Air menggunakan Boeing seri 800.

Kabandara Akhmad Romi menyatakan, saat ini Bandara Mathilda Batlayeri memiliki panjang landasan pacu  2.300 meter, lebar 45 meter, apron berukuran 200 meter x 75 meter. Selain itu, saat ini sedang dalam pekerjaan peningkatan daya dukung landasan ( over lay). Dari segi kesiapannya, bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki sudah layak di darati pesawat berbadan lebar.

IMS

 

Aktivitas penerbangan di Bandara Mathilda Batlayeri. Foto: @upbubatlayeri.

 

RELATED POSTS