Tiga Mitra Koperasi LPDB-KUMKM Raih Penghargaan Satya Lencana Wira Karya Dari Presiden

September 9, 2024
penghargaan5

PALEMBANG, govnews-idn.com – Tiga Koperasi mitra Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) mendapat Penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan saat Peringatan Puncak Acara Hari UMKM Nasional 2024 di Palembang, Sumatera Selatan. Ketiga koperasi yang memperoleh penghargaan ini adalah Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang bergerak di bidang pertanian.

Kemudian KSPPS BMT Beringharjo Yogyakarta di bidang kerajinan tekstil dan Koperasi Unit Desa (KUD) Mino Saroyo di Cilacap Jawa Tengah di sektor perikanan. Adapun penghargaan diberikan kepada koperasi-koperasi itu atas keberhasilannya mengembangkan koperasi dan berdampak pada perekonomian masyarakat.

Perbaikan ekosistem pengelolaan koperasi yang dilakukan ketiga koperasi ini tidak lepas dari peran serta LPDB-KUMKM yang memberi dukungan pembiayaan hingga pendampingan secara intensif terutama paska Covid-19.

“Syukur Alhamdulillah, penghargaan Satya Lencana Wira Karya ini adalah bukti nyata bahwa koperasi-koperasi mitra LPDB-KUMKM telah memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM. Prestasi ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan pendampingan kepada seluruh mitra koperasi,” ujar Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo, Senin (9/9/2024.

Supomo menambahkan bahwa penghargaan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh koperasi di Indonesia untuk terus berinovasi dan berkontribusi membangun perekonomian nasional.

“Mendorong Koperas-Koperasi Lainnya”

“Kami berharap penghargaan ini dapat mendorong koperasi-koperasi lainnya untuk semakin aktif mengakses pembiayaan dari LPDB-KUMKM dan memanfaatkan berbagai program pendampingan yang kami berikan. Dengan demikian, koperasi dapat tumbuh semakin kuat dan mandiri,” tambahnya.

Dia juga menyampaikan harapannya agar penghargaan ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi sebagai salah satu pilar ekonomi kerakyatan. “Kami yakin bahwa dengan semakin kuatnya koperasi, maka kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat. Kami berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan koperasi di Indonesia agar dapat berperan lebih besar dalam pembangunan ekonomi nasional,” tuturnya.

Selain itu, mitra koperasi yang meraih penghargaan ini diharapkan juga dapat menjadi role model bagi koperasi lainnya untuk mengembangkan usaha yang berkelanjutan dengan dukungan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM.

“Atas praktek baik dari ekosistem koperasi ini, saya diundang ke Jepang untuk mempresentasikan peran pemerintah dalam hal peningkatan ekosistem koperasi ini. Dengan semangat yang sama, saya yakin para mitra koperasi kami akan mampu menghadapi tantangan global dan menjadi ujung tombak mewujudkan Indonesia yang mandiri dan sejahtera,” tutup Supomo.

Erwin Tambunan

Penyerahan penghargaan Satya Lencana Wira Karya kepada tiga pimpinan koperasi dari Presiden Republik Indonesia. Foto: Humas.

RELATED POSTS